4 Cara Beriklan di TikTok 2024: Jenis, Syarat & Biaya

Cara Beriklan di TikTok – Aplikasi TikTok menyediakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk beriklan barang maupun jasa. Fitur tersebut yaitu TikTok For Business atau TikTok Ads. Dimana TikTok Ads bisa anda akses melalui situs resminya yaitu tiktok.com/business/id.

Anda bisa beriklan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan fitur tersebut. Pasalnya sekarang ini TikTok merupakan aplikasi media sosial yang terus mengalami kenaikan jumlah penggunanya. Sehingga banyak pengguna TikTok nantinya yang menjangkau promosi anda. Namun bagaimana cara beriklan di TikTok?

Cara memasang iklan di TikTok bisa dimulai dengan membuat akun iklan TikTok. Setelah membuat akun iklan TikTok, selanjutnya yaitu buat kampanye di TikTok Ads. Kemudian tetapkan Anggaran, durasi serta sasaran beriklan di TikTok.

Nah pada artikel kali ini, admin Im3buzz akan sajikan informasi mengenai cara memasang dan promosi di TikTok. Namun sebelum masuk ke cara-cara menggunakan promosi di TikTok, berikut ini akan admin Im3buzz sajikan terlebih dahulu jenis TikTok Ads, Syarat serta biaya beriklan di TikTok. Silahkan simak ulasan mengenai TikTok Ads berikut ini.

Jenis TikTok Ads

Jenis TikTok Ads

TikTok Ads mempunyai beberapa jenis iklan, dimana setiap jenis promosi di TikTok mempunyai tujuan dan sasaran yang berbeda-beda. Jenis-jenis promosi di TikTok diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Beriklan di In-Feed Video
    Jenis beriklan pertama yaitu In-Feed Video. Cara beriklan di In-Feed Video mempunyai tujuan dan sasaran penonton di FYP. Mungkin anda sering melihat iklan di FYP TikTok setelah scroll satu atau dua video di FYP. Iklan tersebut merupakan In-Feed Video. Beriklan di In-Feed Video, penonton bisa memberikan like dan komentar pada video promosi tersebut.
  • Beriklan di Brand Takeover
    Jenis beriklan kedua yaitu Brand Takeover. Cara beriklan di Brand Takeover mempunyai tujuan dan sasaran penonton saat pertama kali membuka aplikasi TikTok. Beriklan di Brand Takeover biasanya akan mempunyai durasi antara 3 sampai 5 detik. Beriklan menggunakan jenis ini, anda bisa memasukkan link apapun di dalam promosi. Seperti link Website, Online Marketplace maupun toko online yang anda kelola.
  • Beriklan di Hastag Challenge
    Jenis beriklan ketiga yaitu Hastag Challenge. Cara beriklan di Hastag Challenge mempunyai tujuan dan sasaran penonton yang menggunakan Hastag yang sedang viral. Promosi TikTok di Hastag Challenge akan muncul di halaman Discovery para pengguna TikTok saat membuka fitur Hastag Challenge.
  • Beriklan di TopView Ads
    Jenis beriklan keempat yaitu TopView Ads. Cara beriklan di TopView Ads mempunyai tujuan dan sasaran penonton sama seperti beriklan di In-Feed video. Yaitu terdapat pada halaman FYP, namun beriklan di TopView Ads anda bisa memasang video hingga 60 detik. Sehingga para penonton akan sedikit tertarik dengan video beriklan yang simpel serta menarik di halaman FYP.
  • Beriklan di Branded Augmented Reality
    Jenis beriklan kelima yaitu Branded Augmenten Reality. Cara beriklan di Branded Augmented Reality mempunyai tujuan dan sasaran penonton yang sering memakai filter dan stiker. Beriklan pada jenis ini dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan filter atau stiker buatan anda sendiri.

Nah setelah memahami beberapa jenis iklan di TikTok, sekarang apa syarat dan berapa biaya yang diperlukan untuk membuat promosi di TikTok. Simak ulasan tentang syarat serta biaya memasang promosi TikTok berikut ini.

Persyaratan Membuat Iklan di TikTok

Persyaratan Membuat Promosi TikTok

Ada beberapa syarat yang perlu anda siapkan sebelum beriklan di TikTok. Sehingga nantinya bisa memudahkan anda saat mendaftarkan akun untuk membuat video promosi di TikTok.

Syarat beriklan di TikTok adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai Email Aktif
  • Mempunyai Nomor Telepon Aktif
  • Menyiapkan Nama Brand atau Bisnis
  • Menentukan Bidang Bisnis
  • Menyiapkan Akun Pembayaran

Setelah memenuhi persyaratan untuk beriklan, berikut akan admin Im3buzz sajikan kisaran biaya yang diperlukan untuk beriklan pada aplikasi ini. Simak biaya pasang iklan di TikTok berikut ini.

Biaya Beriklan di TikTok

Biaya Pasang Iklan

Pada beberapa penyedia jasa iklan pasti mempunyai biaya yang berbeda-beda, tergantung jenis atau tipe beriklan yang di pilih. Begitu juga saat beriklan di TikTok, anda memerlukan anggaran biaya saat beriklan di TikTok.

Kisaran biaya beriklan di TikTok melalui penyedia jasa iklan mulai dari 1 jutaan sampai dengan 7 jutaan. Dimana setiap jenis atau jangkauan penonton, durasi dan hari tayang mempunyai biaya beriklan yang berbeda beda.

Namun dengan menggunakan TikTok For Business anda bisa membayar biaya beriklan secara otomatis serta bisa dengan secara manual setelah mengetahui jumlah biaya beriklan. Anda akan menerima tagihan biaya beriklan sesuai dengan jangkauan penonton seperti Tayangan Iklan dan Klik. Serta bisa juga dengan mengisi saldo terlebih dahulu sebelum memasang iklan. Anda bisa mengisi saldo mulai dari 500 ribu rupiah.

Nah setelah memahami informasi tentang syarat dan biaya pasang promosi, berikut ini akan admin Im3buzz sajikan cara-cara untuk membuat akun di TikTok For Business.

Cara Beriklan di TikTok

Seperti yang sudah disinggung di awal, anda bisa memulai beriklan di TikTok dengan cara membuat akun, kampanye dan menyiapkan akun pembayaran beriklan di TikTok.

Cara beriklan di TikTok adalah sebagai berikut :

1. Membuat Akun TikTok Ads Manager

Cara pertama yaitu dengan membuat akun di TikTok Ads Manager. Yaitu dengan mengunjungi halaman resmi TikTok Ads.

Cara mendaftar akun TikTok Ads Manager adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi Halaman Resmi TikTok Ads
    Langkah pertama silahkan kunjungi halaman resmi TikTok Ads degan cara mengetik www.tiktok.com/business/id di kolom pencarian Google.
  • Buat Akun TikTok Ads
    Langkah kedua silahkan buat akun TikTok Ads dengan mendaftar menggunakan Email atau Nomor Telepon.
  • Buat Password
    Langkah ketiga yaitu membuat password akun TikTok Ads.
  • Ketuk Send Code
    Selanjutnya silahkan ketuk Send Code untuk mendapatkan kode verifikasi di Email atau Nomor Telepon.
  • Salin dan Masukkan Kode Verifikasi
    Kemudian setelah mendapatkan kode verifikasi silahkan salin dan masukkan kode di kolom verification code.
  • Ketuk Sign Up
    Setelah itu silahkan ketuk Sign Up untuk melanjutkan membuat akun TikTok Ads.
1. Membuat Akun TikTok Ads Manager

2. Registrasi Akun Iklan di TikTok

Setelah mendaftar akun TikTok Ads Manager, silahkan lanjutkan mendaftar akun beriklan di TikTok. Akun ini yang nantinya anda gunakan sebagai pembuat iklan dan mengatur apapun yang berkaitan dengan beriklan.

Cara registrasi akun iklan di TikTok adalah sebagai berikut :

  • Pilih Negara
    Langkah pertama silahkan pilih negara mana untuk anda beriklan.
  • Masukkan Nama Bisnis
    Langkah kedua silahkan masukkan Nama bisnis anda di kolom Business Name.
  • Masukkan Nomor Telepon
    Selanjutnya silahkan masukkan nomor Telepon bisnis anda di kolom Phone.
  • Pilih Jenis Industri
    Kemudian silahkan pilih jenis industri yang sesuai dengan bisnis anda.
  • Ketuk Register
    Setelah semua terisi, silahkan lanjutkan simpan akun berikan dengan beri tanda centang di kolom persetujuan, lalu ketuk Register untuk melanjutkan mendaftar akun beriklan.
  • Masukkan Kode Verifikasi
    Kemudian silahkan salin dan masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP. Kode bisa dikirim melalui SMS maupun melalui panggilan Telepon. Jika sudah benar memasukkan kode, lanjutkan dengan ketuk Verify.
2. Registrasi Akun di TikTok Ads

3. Buat Keterangan Bisnis Anda

Setelah berhasil membuat akun beriklan, selanjutnya silahkan jelaskan mengenai bisnis yang anda kelola. Seperti Tautan Promosi, Alamat Penagihan dan Metode Pembayaran. Dimana pada tahap ini anda bisa mengatur semua keperluan beriklan dengan cara memasukkan link promosi, alamat penagihan dan memilih metode pembayaran secara otomatis maupun manual.

3. Buat Keterangan Bisnis Anda

4. Pembuatan Kampanye Beriklan

Kemudian jika keterangan beriklan sudah lengkap semua, silahkan lanjutkan dengan membuat campaign. Pengguna bisa membuat kampanye beriklan dengan Mode Sederhana dan Mode Kustom.

Dimana jika memilih Mode Sederhana, pengguna bisa beriklan dengan membuat video maupun file promosi dengan waktu pembuatan kurang dari 5 menit. Sedangkan jika memilih Mode Kustom, pengguna bisa memegang kendali penuh atas pembuatan promosi. Namun dengan cara memilih Mode Kustom akan membutuhkan waktu lebih banyak saat membuatnya.

4. Pembuatan Kampanye Iklan

Setelah semua sudah diatur dan dibuat, silahkan lanjutkan dengan memilih template, mengisi anggaran biaya, menentukan jadwal dan mengisi informasi Billing dan Pembayaran. Setelah di atur semua silahkan jadwalkan penayangan beriklan di TikTok.

Contoh Iklan di TikTok

Berikut akan admin Im3buzz sajikan contoh iklan di TikTok yang sering pengiklan gunakan.

  • Contoh Beriklan di In-Feed Video
    Iklan TikTok yang muncul pada FYP TikTok.
    Contoh Iklan TikTok In-Feed Video
  • Contoh Beriklan di Hastag Challenge
    Iklan TikTok yang muncul pada fitur Hastag atau Challenge TikTok.
    Contoh Iklan TikTok Hastag Challenge
  • Contoh Beriklan di Brand Takeover
    Iklan TikTok yang muncul saat pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok.
    Contoh Iklan TikTok Brand Takeover

FAQ

Bagaimana cara mempromosikan produk di TikTok?

Menggunakan platform TikTok Ads.

Menggunakan apa saat pembayaran iklan di TikTok Ads?

Kartu Debit dan Kartu Kredit.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang dapat Im3buzz rangkum mengenai cara beriklan di TikTok. Dimana anda bisa memasang iklan di TikTok dengan membuat akun di TikTok Ads Manager, setelah itu silahkan buat akun iklan dan buat kampanye iklan lalu jadwalkan penayangan.

Sekian artikel kali ini yang berhasil admin Im3buzz rangkum mengenai cara-cara beriklan di TikTok. Terima kasih telah mengunjungi im3buzz.id, semoga informasi dan cara-cara di atas untuk memasang promosi di TikTok dapat menambah informasi buat anda semuanya.

Tinggalkan komentar